Minggu, 26 Mei 2019

Cara cuci AC sendiri ? emergency only

Beberapa hari ini, AC di kamar tidur terasa 'hangat' padahal temperatur sudah di set ke suhu yang dingin..hadeeuh, tidur jadi berasa kurang nyaman.
Sebenarnya rencana mau panggil tukang servis AC langganan di weekend ini, tapi kok masih lama ya nunggunya. Kebetulan dibulan puasa ini jam kantor berkurang, jadi bisa pulang lebih cepat, sampai rumah masih terang lah...tidak seperti biasanya di atas jam 19.00 hehe. Ya sudah, dengan berbekal pengetahuan dan seringnya memperhatikan tukang servis AC maka malam itu juga saya coba bersihin AC sendiri, nah ini saya bagikan pengalaman bersihin AC ya...

AC ini termasuk yang model lama, LG inverter 9000 btu (setara 1 pk) tahun 2012, sejauh ini masih berfungsi dengan baik. Jadi sebelum mulai membersihkan AC, baca dulu sekilas mengenai bagian-bagian AC dan amati dengan seksama cara bongkar panel dan covernya.


Cara membuka cover AC berbeda-beda sesuai jenis/ merknya, tapi secara umum pasti sama yaitu dengan cara membuka terlebih dahulu cover bagian atas (seperti membuka kap mobil) baru kemudian akan terlihat baut-baut menyatukan antara cover dengan body AC tersebut. Jangan lupa pada saat membuka cover, pastikan melepas kabel power,  lalu cabut socket yang menghubungkan antara panel indikator (yang menempel pada cover AC) dan body AC, sebaiknya hati-hati karena ukuran socketnya cukup tipis, supaya tidak rusak. 


  
Setelah socket terlepas, maka cover bisa dilepaskan semuanya, sehingga tinggal unit bodynya saja yang tertinggal menempel di dinding seperti gambar di bawah. Bagian yang berwarna hitam itu namanya evaporator, nah evaporator inilah yang akan kita bersihkan dengan cara disemprot dengan air. Dalam hal ini karena gak punya spray jet seperti yang biasa dipakai oleh tungan service AC maka cukup pakai hand spray saja bekas cairan pembersih kaca.

Semprotlah semua permukaan evaporator dengan hati-hati sampai bersih, biasanya debu-debu menempel disini. Semprot  dan bersihkan juga filter yang melindungi evaporator ini dengan cara menyemprot dengan air dan sabun jika diperlukan, tapi hati-hati jangan sampai kena panel indikator dan sensor yang menempel pada cover AC. 



Setelah semuanya dibersihkan, pasang kembali seperti sediakala, mulai dari:
- pasang filter pada tempatnya di cover ac
- pasang kembali socket , dan
- pasang cover ke unit AC
Sebenarnya ada 1 bagian lagi yang dilakukan tukang ac ketika menservice AC, yaitu membersihkan unit outdoor yang berupa kipas dan kompresor, tapi untuk kali ini - karena faktor darurat saja - maka hanya membersihkan bagian indornya saja.

Hasilnya gimana setelah dibersihkan?
Yak, menurut saya sih masih jauh dari sempurna ha ha...tapi lumayan lah, beda 1 derajat lebih dingin dari yang sebelum dicuci  hehe...Salam Sabtu Minggu

   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar