Kamis, 09 April 2020

Solusi starter motor Tiger bunyi cetak-cetek

Pernah mengalami starter motor ngambek ?, tidak mau menyala atau hanya bunyi cetak cetek ? Pada umumnya yang menjadi kambing hitam adalah akinya tekor atau soak. Namun rupanya tidak begitu teman-teman, harus cek dulu bagian per bagian yang berhubungan dengan suksesnya engine start ini.

Berdasarkan pengalaman dengan motor Tiger kesayangan, bagian yang perlu diperhatikan adalah:
  • Aki (accu) : cara ceknya paling gampang, pencet klakson, jika bunyinya melempem, berarti aki tekor. Atau dalam posisi mesin mati, coba nyalakan lampu utama, jika redup atau tidak menyala, dapat dipastikan aki juga tekor.
  • Kiprok : tugasnya memastikan arus dari koil ke aki stabil sehingga pengisian aki normal, tidak over charge atau sebaliknya (tekor).
  • Relay :  atau biasa disebut bendik starter tugasnya mensupply arus yang cukup untuk memutar dinamo starter, pada saat start ini biasanya asupan arus cukup tinggi sehingga wajib dipastikan kondisi aki cukup fit.
  • Dinamo starter : motor listrik ini tugasnya memutar mesin di awal supaya mesin menyala. 
Nah itulah empat komponen utama yang perlu dicurigai jika terjadi kegagalan engine start, selain busi kadaluarsa, atau bahkan bensin habis ... ๐Ÿ˜†.

Nah kebetulan ini, motor Tiger kesayangan yang biasa dipakai mengalami masalah engine start, cuma ada bunyi cetak -cetek saja, kira-kira bunyinya berasal dari bawah jok disebelah kanan. Jadi bunyinya kira-kira seperti ini, cuma cetak-cetek seperti mesin ketik jaman dulu.  

Saking sibuknya, baru bisa otak-atik sendiri di rumah disela-sela masa WFH (jawa: kerjo soko ngomah) dimasa pandemi covid -19 ini. Yang pertama adalah mengenali dulu gejalanya, kita cek satu persatu empat komponen tadi, dari yang paling mudah, yaitu aki.    

Aki yang dipakai adalahh jenis aki kering (MF) merek mottobatt type MTX7D utk Tiger dkk, baru beli Agustus 2019, masih kurang dari 1 tahun, berarti aki ini masih cukup baik, klakson masih nyaring, lampu utama masih menyala ketika kunci di on kan. Pakai kick starter, mesin langsung hidup, berarti busi dan bensin juga masih ada ๐Ÿ˜‰.

Dengan pemakaian aki dari Agustus 2019 - April 2020 yang masih normal-normal saja, dimana aki  tidak pernah tekor, maka diasumsikan bahwa fungsi kiprok masih sangat baik untuk mengisi aki. Untunglah bukan kompenen ini yang bermasalah/rusak, lumayan juga harganya, di toko online dijual di kisaran 200 ribuan.

Komponen berikutnya yang dicek adalah relay (bendik) dan dinamo starter, untuk kedua komponen ini perlu diuji dengan cara dinamo starter dapat langsung dijumper ke aki tanpa melewati relay (bendik), ternyata bisa hidup, berarti si dinamo starter masih bisa berfungsi, tapi begitu arus di lewatkan kembali melalui relay, kembali bunyi cetak-cetek


Setelah baca-baca referensi dan tanya 'suhu' di kampung, dengan mendiagnosa gejala-gejala yang disebutkan di atas, didapatlah wangsit bahwa arang/ brostel/ cool starter/ brush (banyak sekali sebutannya ya ๐Ÿ˜ฌ) yang ada di dalam dinamo starter sudah aus dan perlu diganti. 

Lanjut segera buka smartphone, buka aplikasi toko online langganan dan cari kata kunci " arang starter honda Tiger" ...nah akhirnya muncul juga namanya 'arang cool starter Honda Tiger", langsung order saja, harganya cuma 18 ribuan.


Barang datang, langsung siap melakukan operasi bedah dinamo starter, peralatan tambahan yang perlu disiapkan adalah:
- kunci shock ukuran 7 mm
- obeng minus yang kecil

Pertama buka 2 (dua) buah baut dinamo starter dengan kunci shock 7 mm, berhati-hatilah jangan sampai 'dol' dan yang terpenting ada dua seal karet jangan sampai hilang.



Setelah baut dibuka, dinamo starter dapat dibongkar menjadi 4 bagian yaitu: 1.cover atas, 2.badan yang berbentuk tabung, 3.dinamo (magnet, kumparan dan as), dan 4. mangkuk/cover bagian bawah (disitulah terdapat 2 buah arang/ arang cool starter). Untuk mempermudah pemasangan kembali, sebaiknya sebelum dibongkar, masing- masing bagian ditandai dengan spidol.

Silakan dibersihkan terlebih dahulu dengan kuas atau angin bertekanan tinggi (jika punya kompresor), dan dapat dipastikan akan banyak kotoran berupa debu arang yang termakan oleh dinamo. Nah, untuk motor ini sejak 2005 belum pernah dibongkar, artinya onderdil  ini masa pakainya cukup panjang, 15 tahun brow...mantap betul .


Untuk mengganti arang starter, yang dilakukan pertama adalah memisahkan piringan pegangan arang dari mangkuk dengan cara membuka baut arang terlebih dahulu  sesuai gambar di atas yang paling kiri. Setelah terpisah, jika diperhatikan , maka dapat terlihat bahwa Arang (A) sudah sangat tipis, sedangkan Arang (B) masih menonjol. 

Untuk keperluan ini, yang diganti cukup arang (A) saja sudah cukup, sedangkan arang (B) masih dapat digunakan. Hasil pemasangan arang (A) yang baru terlihat pada gambar di atas paling kanan. Untuk pemasangan arang bisa menggunakan bantuan obeng minus kecil untuk mencongkel terlebih dahulu pegas spiral yang berfungsi mendorong arang supaya menonjol keluar. Kenapa menonjol keluar, karena arang ini nantinya harus bergesekan dengan tembaga kumparan dinamo dan berfungsi sebagai konduktor arus dari relay ke kumparan/ dinamo (hanya pada saat proses start mesin).

Setelah arang baru terpasang, berikutnya adalah memasang kembali piringan ke dalam mangkuk (cover bawah), lalu dicek kembali apakah baut arang bisa dikencangkan seperti semula.



Apakah pemasangan arang sudah selesai ? eits tunggu dulu masih ada tahapan yang harus dikerjakan. Jika diperhatikan, arang baru yang dipasang, posisisnya sangat menonjol sekali dan jika nantinya dinamo (tanda X) hendak dimasukkan ke dalam mangkuk (tanda Y), maka dinamo akan terganjal arang yang baru tersebut. 

Solusinya adalah memangkas tonjolan tadi, untuk kasus ini, saya menggunakan mata bor yang sudah diganti dengan amplas. Pengamplasan sebaiknya dilakukan dengan tidak terburu-buru supaya arang tidak termakan terlalu banyak (bisa-bisa malah harus beli yang baru lagi ๐Ÿ˜).

Setelah selesai diamplas, dinamo starter dapat dirakit kembali dengan urutan:
- pasang terlebih dahulu dinamo ke dalam mangkuk, pastikan kedua arang menyentuh tembaga (huruf X), karena kalau tidak , dijamin starter tidak akan hidup  
- pasang silinder tabung sesuai dudukannya (yang sudah ditandati spidol), dan
- pasang cover penutup atas
- terakhir pasang baut dan kencangkan dengan kunci shock ukuran 7 mm

Sampai disini, pekerjaan penggantian arang/ brostel/ cool starter/ brush starter sudah selesai. Dinamo starter dapat dipasang kembali ke motor.

Kunci - ON, Jreng...!! Cek disini untuk mengetahui hasilnya. Mantap brow ...๐Ÿ™Œ

Salam Setu Minggu.
#Jaga Jarak Cegah Covid -19



Kamis, 19 Desember 2019

Pasang Kamera Belakang (Rear Cam) di Daihatsu Terios

Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengendara mobil, fitur kamera belakang pada mobil adalah hal yang biasa untuk mobil keluaran baru, namun tidak pada mobil keluaran lama, paling mentok adalah fitur sensor parking yang bunyinya tit..tit ..tit....Kadang kita tidak merasa yakin apakah jarak parkir kendaraan kita sudah cukup aman dengan sekitarnya, mau tidak mau ya tetap wajib lihat spion, bahkan tengak tengok ke belakang ..sampai leher pegel๐Ÿ˜…

Mobil Terios model lama hanya dilengkapi 2 (dua) buah sensor parkir mundur yang lokasinya ada di ujung bumper kiri dan kanan, masih perlu kewaspadaan jika hendak mundur namun objek di belakang kita di luar jangkauan sensor, misalnya tiang listrik, orang atau motor yang posisinya pas di tengah-tengah.

Sekarang ini sudah banyak tersedia paket kamera belakang yang dijual di toko online, harganya cukup murah tergantung jenisnya, misal tidak ada led, ada 4 led atau dilengkapi 8 led. Baru saja beli 1 paket kamera belakang dari sebuah lapak online, harganya 80 ribu rupiah, jenis kamera dengan 8 led.      

Paket datang pada pagi hari, malamnya langsung mencoba untuk instal di mobil (karena sudah tidak sabar) ๐Ÿ˜›. Dengan berbekal ilmu dari internet dan youtube, sukseslah instalasi kamera belakang ini, dan rupanya tidak sulit, cukup berhati-hati saja dan sabar, karena ini berhubungan dengaan sistem perkabelan dan kelistrikan di mobil.

Baiklah, sebelumnya persiapkan dulu alat-alat yang diperlukan:
1. 1 Paket kamera belakang komplit
2. Tang pengupas/pemotong kabel
3. Obeng plus dan minus
4. Isolasi insulator warna hitam
5. Pastikan head unit memiliki fitur input video untuk rear cam

Langkah pertama adalah membuka paket kamera belakang dan kenali bagian-bagiannya. Sebagaimana gambar di bawah ini, ada 3 bagian terpisah dalam 1 paket yaitu : Kabel Kamera, Kabel power DC (hitam dan merah) dan Kabel Video ke Head Unit.



Urutan pemasangan bisa dimulai dari mana saja baik dari belakang maupun depan, kalau saya sih lebih memilih mengerjakan dari belakang dahulu yaitu pengerjaan Kabel Kamera dan Kabel power DC.

Kabel Kamera
Kamera ditempatkan di bumper di atas plat nomor di bawah ban serep dengan cara dibaut (2 baut sudah disediakan di dalam paket). Ujung kabel kamera ini ada 2 yaitu yang berwarna merah, nantinya disambungkan dengan soket power, sedangkan yang soket warna kuning disambungkan dengan Kabel Video ke Head Unit.




Kabel Power DC
Kabel ini memiliki soket di salah satu ujungnya dan untaian kabel ber kutub positif (merah) dan negatif (hitam) di ujung yang lain. Kabel merah disambungkan dengan kabel warna merah lampu mundur, kabel positif lampu mundur bisa di kelupas sedikit, disambungkan, lalu diisolasi kembali, sedangkan kabel warna hitam bisa disambungkan ke ground (bisa baut yang menempel ke chassis mobil yang ada dibalik panel interior bodi atau kabel hitam pada lampu belakang). Ujung kabel power berbentuk soket dimasukkan melalui melalui lubang kecil di lantai mobil (bisa dilihat setelah menyibakkan karpet mobil) lalu dihubungkan dengan soket warna merah dari Kabel Kamera yang sudah dimasukkan sedemikian rupa ke kolong mobil melalui lubang lampu plat nomor. 


Kabel Video ke Head Unit
Selesai dengan pemasangan kamera dan kabel power DC ke lampu mundur, langkah selanjutnya adalah bekerja dengan Kabel Video. Kedua ujung Kabel video ini mempunyai model yang sama yaitu soket RCA warna kuning dan kabel warna merah. Pasangkan soket RCA kuning ke soket kuning Kabel Kamera dan sambungkan kabel warna merah dengan kabel power DC yang berwarna merah juga.  Urutkan Kabel Video ini melalui door trim dan bawah karpet mobil, masuk ke dashborad sampai ke Head Unit. Colokkan soket warna kuning RCA Kabel Video ke Head Unit yang diberi bertanda R-Cam seperti gambar di bawah ini, sedangkan kabel yang berwarna merah dapat disambungkan ke sumber arus head unit yang berwarna merah juga (perlu kupas kabel).



Gambar di atas adalah bagian belakang head unit, perhatikan bahwa Kabel Video diinput ke R-Cam yang berwarna kuning. Skema soket-soket head unit dapat juga dilihat di stiker yang menempel pada body head unit.


Sampai disini, maka proses instalasi kamera belakang sudah selesai dilakukan, oh ya barangkali ada yang belum tahu cara buka head unit, silakan simak berikut tipsnya:

- Pertama, cabut knob on-off AC dan knob pengaturan suhu. Caranya cukup cabut saja, jangan diputar-putar. 

- Kedua, ambil obeng pipih dan selipkan ujungnya ke cover console head unit. Cara ini mirip dengan membuka casing handphone, satu bagian dicongkel, maka bagian lain dapat dibuka sedikit demi sedikit secara perlahan.

- Ketiga, buka baut pengunci head unit ke dashboard lalu keluarkan dan periksa bagian belakangnya untuk melihat soket video input.

Cukup mudah bukan, untuk pemasangan kembali cukup membalik urutannya, yaitu masukkan head unit kembali ke tempatnya, pasang cover console head unit dan terakhir pasang kembali knob pengaturan AC.

Untuk mencoba hasil instalasi, putar kunci kontak ke posisi ACC (tidak perlu menyalakan mesin) lalu pindahkan tuas transmisi ke posisi R. Nah, sekarang tidak hanya sekedar bunyi tiit..tiit..tiit..., kondisi lingkungan dibelakang mobil pun sudah terlihat di head unit kita. Setingan tinggi rendah view kamera bisa disesuaikan dengan mengatur baut engsel naik turun yang ada pada braket kamera. Ada baiknya untuk mencoba hasil instalasi sebelum head unit dan cover consolenya dipasang kembali, supaya apabila ada yang kurang sempurna tidak perlu mengulang proses dari awal lagi.


Selesai sudah, oh ya ini fotonya agak gelap, karena memang saat itu proses pengerjaan dilakukan malam hari, namun di view head unit terlihat jelas ada ember, kabinet, alat pel dan benda-benda lain disitu ๐Ÿ˜. Jumlah 8 led yang ada di kamera ini sangat membantu penenerangan view kamera. Untuk waktu pengerjaan kurang lebih memakan waktu 3 jam.

Demikian, salam Setu Minggu ๐Ÿ˜Š.